Foto Langka : Hiu Memakan Hiu – MAUL-UNDERGROUND

Jumat, 17 Februari 2012

Foto Langka : Hiu Memakan Hiu


Dua peneliti dari  Australia's Research Council Center of Excellence for Coral Reef Studies, Daniela Ceccarelli dan David Williamson, secara tidak sengaja berhasil mengabadikan foto langka: hiu memakan sesama hiu. Kejadian ini terjadi di Great Keppel Island, bagian dari Great Barrier Reef, Australia.

Kisah ini terjadi ketika keduanya melakukan sensus ikan di wilayah tersebut. Tiba-tiba Ceccarelli melihat seekor hiu bambu berwarna putih yang berada di dasar laut. Tapi ketika diamati dengan seksama, hiu bambu tersebut ternyata tengah disantap oleh hiu Wobbegong. Hiu yang disebut terakhir tak terlihat dengan kasat mata karena memang ahli berkamuflase.

"Jelas terlihat jika kepala hiu bambu tersembunyi di dalam mulutnya (hiu Wobbegong)," ujar Ceccarelli seperti dilansir National Geographic, Senin (13/2). "Saya tidak yakin jika ini adalah hal pertama yang terjadi."

Dijelaskan oleh New Scientist, jika Wobbegong atau lebih dikenal dengan hiu karpet, adalah predator yang menyerang secara tiba-tiba. Dia akan menunggu mangsanya di dasar laut dan tidak segan memakan mangsa berukuran besar. Ini bisa dilakukannya karena Wobbegongs memang memiliki rahang yang mampu merusak dan gigi yang membantunya memakan mangsa besar.

Namun, Wobbegong bukanlah hiu yang menyerang secara agresif. Seringkali serangan yang dilakukan Wobbegongterjadi karena alasan pertahanan diri. Manusia yang digigit Wobbegongs biasanya adalah mereka yang secara tidak sengaja menginjak Wobbegong di dasar laut.

Jumlah kasus serangan hiu secara global meningkat di tahun 2011 dengan 12 kasus kematian. Salah satu negara bagian Amerika Serikat, Florida, mengalami kasus terbanyak secara nasional dengan 11 kematian dari 29 serangan. (Sumber : National Geographic, foto: Tom Msnnering/NG)

Artikel Terkait

2 comments:

alkatro mengatakan...

jeruk minum jeruk hehe
hiu kanibal juga, makasih sharenya :)

MauL-Underground mengatakan...

hahahaha.... hiu patah hati itu kali yah....haha

SAVE THE EARTH

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...