Wanita Lebih Mampu Mendeteksi Keberadaan Ular – MAUL-UNDERGROUND

Minggu, 18 Maret 2012

Wanita Lebih Mampu Mendeteksi Keberadaan Ular


Wanita yang baru saja berovulasi lebih baik dalam mendeteksi ular dibandingkan dengan pada waktu lain dalam siklus menstruasi. Temuan ini merupakan kesimpulan yang didapat dari sebuah studi yang dilakukan oleh Nabuo Masataka, peneliti dari Kyoto University, Jepang, terhadap 60 orang wanita sehat di usia produktif, pada tiga fase yang berbeda dalam siklus mereka.

Temuan ini sekaligus membuka peluang untuk mempelajari kemampuan refleks manusia untuk mempertahankan diri. Dalam studi, responden ditunjukkan sembilan buah gambar, salah satunya adalah gambar yang mengandung ular yang berada di antara bunga-bungaan. Adapun gambar-gambar lainnya hanyalah gambar bunga-bungaan, tanpa ada ularnya. Responden diuji untuk diketahui seberapa cepat mereka mampu mendeteksi ular tersebut.

Ternyata, wanita lebih cepat mendeteksi ular saat mereka berada dalam fase yang disebut dengan luteal phase dalam siklus menstruasi mereka. Fase ini merupakan tahap sesaat setelah terjadinya ovulasi. Di antara para wanita, refleks ini tampaknya terpengaruh oleh level hormon pada masa-masa mereka bisa menjadi hamil dan juga lebih protektif terhadap embrio mereka.

“Kemampuan ini bisa jadi berkontribusi terhadap kemampuan wanita untuk meningkatkan kewaspadaan mereka terhadap stimulus ancaman terhadap diri mereka pada masa-masa yang memungkinkan mereka mengalami kehamilan,” kata Masataka.

Masataka yakin, hasil studi ini juga memperkuat teori bahwa kita memiliki apa yang disebut sebagai fear reflex atau sebuah respons bawaan terhadap sinyal-sinyal ancaman seperti ular yang berpotensi berbahaya tersebut.

Dalam studi-studi terdahulu, ditemukan bahwa kemampuan ini juga hadir pada anak bayi yang berusia hingga delapan bulan, serta pada primata lain, non manusia. Temuan Masataka ini sendiri dipublikasikan di jurnal Scientific Reports, Inggris. (Sumber: Live Science) 

Artikel Terkait

4 comments:

Informasi Training mengatakan...

ular adalah binatang yang paling membuat saya takut, ga tau kenapa phobia banget sama binatang yang satu ini..

MauL-Underground mengatakan...

heheeheee wajar orang phobia sama sesuatu. biasanya ada penyebabnya.. jalan satu2nya untuk mengatasinya harus mulai mengenal ular itu sendiri...semangat sobat

Informasi Training mengatakan...

bener bgt bro, biasanya ada penyebabnya, entah dicatek/patuk.. klo alasan saya sih karena ular (yang berbisa) cukup berbahaya buat saya dan dulu ada temen saya pelihara dari ular tidak berbisa sampai ular berbisa saya coba untuk mengatasi rasa phobia tsb tetap aja ga berani kadang2 suka merinding sendiri saking takutnya.. hehe

MauL-Underground mengatakan...

Waduh...kalau sudah sampai dicoba tetep tidak mau, harus dicoba ke psikiater itu... tapi kalo dalam kehidupan tidak sering berinteraksi dengan ular, itu tidak menjadi masalah kok... :)

SAVE THE EARTH

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...