10 Bunga Paling Langka di Dunia – MAUL-UNDERGROUND

Sabtu, 11 Februari 2012

10 Bunga Paling Langka di Dunia

 
Ketika musim semi telah mencapai puncaknya, tak ada yang dapat menyangkal keindahan dunia.  Pohon-pohon mendapatkan daun baru dan bunga dengan berbagai warna. Kupu-kupu dan burung kolibri dimana mana seolah-olah menang dari musim dingin yang suram. Sungguh indah pada musim itu.
Terlepas dari itu, disini saya akan membahas 10 bunga langka dan bisa dibilang hampir punah. Beberapa geneasi ke depan bisa jadi hanya bisa melihat dari sebuah gambar bunga-bunga jenis ini.

Berikut saya sajikan 10 bunga langka yang saya catut dari berbagai sumber :

10. Jade Vine (Strongylodon macrobotrys)


Merupakan tumbuhan jenis merambat asli dari hutan tropis Filipina. Termasuk dalam famili kacang-kacangan dan mirip dengan kacang merah. Tanaman membentuk bunga yang berbentuk cakar-cakar menggantung. mereka dapat mencapai panjang 3 meter. Warna bunga bervariasi dari biru kehijauan sampai hijau mint. Spesies ini sangat sulit untuk tumbuh menyebar dan kini dianggap spesies yang terancam punah karena menurunnya penyerbuk alami.

9. Corps Flower/Bunga Bangkai (Rafflesia Arnoldii)


Bunga yang menarik ini ditemukan di hutan tropis dataran rendah di Indonesia. Bunga yang mampu tumbuh lebar hingga 2 meter ini merupakan bunga terlangka di dunia dan sangat terancam punah. Di Indonesia ini sendiri terkenal dengan nama Bunga Bangkai karena bunga ini mengeluarkan aroma yang busuk yang menarik lalat dan kumbang untuk mendekat sehingga pembiakan bunga ini akan tetap berlangsung. Setelah mekar, bunga ini hanya akan bertahan selama satu minggu hingga akhirnya mati.

8. Gibraltar Campion (Silene tomentosa)


Spesies jenis ini sangat jarang sekali ditemukan. Umumnya tumbuh di sekitar tebing-tebing tinggi Gibraltar. Pada tahun 1980-an, tanaman ini diyakini para pakar ilmiah telah punah di luar Gibraltar namun beberapa masih yakin bahwa masih ada yang tersisa. Sayangnya, pada tahun 1992 spesies langka tersebut dinyatakan punah. Pada tahun 1994, sebuah spesimen tunggal ditemukan seorang pendaki di sebuah tebing yang sangat sulit diakses dan spesies itu hidup kembali. Akhirnya spesies itu dikembangkan oleh Bank Benih Millenium dan dikembangbiakan kembali di Almeda Gibraltar Botanic Gardens serta Royal Botanic Gardens London.

7. Franklin Tree (Franklinia alatamaha)


Pohon  ini termasuk dalam family teh namun satu-satunya spesies dalam genus tanaman bunga yang langka. Pohon asli Lembah Sungai Altamaha, Georgia ini dinyatakan punah di alam liar sejak awal abad 19. Bahkan pohon ini diketahui sekarang karena Keluarga Bartram, keluarga holtikulturis yang rajin memperbanyak  spesies ini sebelum mengalami kepunahan di alam liar. Spesies yang mempunyai bunga berwarna putih dan harum serta daun yang berubah warna menjadi merah terang ketika musim gugur ini, sekarang menjadi salah satu tanaman hias yang populer.

6. Parrot's Beak (Lotus berthelotii)


Bunga yang sangat indah ini sudah tergolong langka sejak 1884. Bunga ini diyakini telah punah, namun ada yang meyakini beberapa masih bertahan. Bunga yang menakjubkan ini merupakan tumbuhan endemik Kepulauan Canary. Awalnya, penyerbukan bunga ini dibantu oleh burung Sunbirds, yang kini telah lama punah di Kepulauan Canary. Kepunahan burung ini dapat dijadikan acuan mengapa bunga ini sangat langka sekarang. Berbagai percobaan telah dilakukan untuk menemukan kembali penyerbuk baru dengan harapan dapat mengembalikan kehidupan bunga ini. Namun hingga 2008, tak ada buah yang berhasil diproduksi.

5. Chocolate Cosmos (Cosmos astrosanguineus)


Ini adalah bunga berwarna merah gelap asli dari Cosmos, asli dari Meksiko. Sayangnya bunga ini telah punah di alam liar lebih dari seratus tahun yang lalu. Sekarang, spesies ini bertahan sebagai klon tunggal non subur, hasil dari perbanyakan vegetatif pada tahun 1902. Bunga yang berwarna merah gelap ke arah coklat tua ini tumbuh dengan diameter 3-4 cm. Aroma vanili dihasilkan oleh bunga yang mekar pada musim panas, yang mana menjadi salah satu tanaman hias yang indah.

4. Koki'o (Kokai Cookio)



Ini adalah pohon yang sangat langka, endemik di Hawaii. Pohon ini ditemukan pada tahun 1860, dimana pada saat itu hanya tiga spesimen dapat ditemukan. Pohon ini sulit untuk tumbuh menyebar, dan pada tahun 1950, setelah bibit terakhir mati, pohon itu dianggap punah. Pada tahun 1970 satu satunya pohon yang selamat ditemukan, namun sayangnya hancur dalam kebakaran pada tahun 1978. Untungnya salah satu cabang dari pohon yang tersisa diselamatkan kemudian dicangkokkan ke 23 pohon yang ada saat ini, yang semuanya terletak di berbagai tempat di Hawaii. Pohon Kokai adalah pohon kecil yang tumbuh sampai sekitar 10-11 meter. Fitur yang paling mencolok adalah ratusan bunga merah terang yang dihasilkan pohon dewasa per tahun

3. Yellow and Purple Lady Slippers (Cypripedium calceolus)


Bunga ini adalah jenis anggrek liar langka yang ditemukan di dataran Eropa. Sebagai contoh di Inggris tanaman ini dapat ditemukan di berbagai lapangan golf dan berada di bawah perlindungan ketat polisi sejak tahun 1917.  Apabila dipotong, bunga ini dapat dijual seharga US $ 5000 dan yang mengejutkan sebagai tanaman, bunga ini disebarkan. Bijinya tidak menyimpan makanan untuk tumbuh sehingga ia hidup bersimbiosis dengan jamur jenis tertentu yang memberikannya makanan hingga daun dewasa dapat menghasilkan cukup makanan untuk hidup, dan pada saat itu jamur akan hidup juga dari makanan tersebut. Ada banyak jenis Anggrek Lady Slipper yang dikategorikan langka. Pada jenis tertentu memiliki warna ungu gelap menuju merah coklat hampir merah dengan warna bunga kuning cerah


2. Ghost Orchid (Epipogium aphyllum)


Ghost Orchid merupakan tanaman langka yang menarik tapi diduga punah selama hampir 20 tahun. Tanaman ini sangat langka karena pada dasarnya sulit untuk dikembangkan. Tidak memiliki daun, tidak tergantung pada fotosintesis dan tidak memproduksi makanan sendiri. Seperti  Lady Slippers, perlu jamur tertentu untuk membantu dalam mencukupi makanannya karena Ghost Orchid tidak pernah tumbuh daun. Ghost orchid bisa hidup di bawah tanah selama bertahun-tahun, tanpa menunjukkan tanda-tanda eksternal dan hanya akan mekar ketika semua kondisi optimal. Hal ini menjelaskan mengapa beberapa penggemar anggrek selama bertahun-tahun sangat sulit hanya untuk melihat sekilas bunganya.

1. Middlemist Red (Middlemist camellia)


Ini mungkin adalah tanaman bunga paling langka di dunia karena hanya ada 2 contoh yang dikenal. Satu dapat ditemukan di sebuah taman di Selandia Baru dan yang lainnya terletak di sebuah rumah kaca di Inggris. Tanaman ini awalnya dibawa ke Inggris dari Cina oleh John Middlemist (setelah yang tanaman itu mempunyai nama) pada 1804. Sejak itu tanaman ini telah benar-benar hilang di Cina. Di Inggris pun tanaman ini tetap tandus selama bertahun tahun dan baru mulai berbunga akhir-akhir ini. Bunganya, bertentangan dengan namanya, berwarna merah muda terang dan terlihat hampir seperti mawar. 
(Dari berbagai sumber)

Artikel Terkait

0 comments:

SAVE THE EARTH

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...