Helloween Unarmed : 25th anniversary (2010) – MAUL-UNDERGROUND

Rabu, 19 Oktober 2011

Helloween Unarmed : 25th anniversary (2010)


Helloween "unarmed". Sebuah Imaginasi dan ide yang menurut saya luar biasa. Bagaimana tidak. Helloween yang sebelumnya terkenal dengan musik keras, penuh distorsi, dan speed yang cepat tiba-tiba membuat album dengan tempo yang bisa dibilang mellow. Ya, dalam album ini Helloween merayakan 25 tahun perjalanan mereka di musik metal dengan membuat album dengan perpaduan akustik dan orkestra.
Isi dari album ini memang bukan lagu-lagu baru, namun berbekal lagu terbaik yang di aransemen ulang ke dalam musik yang baru. Kita tidak akan mendengar suara distorsi gitar maupun gebukan drum yg sangat cepat.

Album ini pertama kali dirilis di Jepang pada 26 Desember 2009 yang kemudian baru muncul di eropa sekitar bulan Febuari 2010. Dengan kolaborasi dengan beberapa para master orkestra membuat lagu ini begitu hidup dengan versi "tanpa senjata".

Mendengar lagu pertama, Eagle Fly Free, saya sempat wah. Lagu super cepat ini bisa menjadi super mellow dengan konsep akustik melankonis yang berbeda 180 derajat. Dengan backing vokal Harriet Ohlsson, lagu ini terasa seksi dinyanyikan duet dengan Andi Deris. Kehadiran Nippy Noya di seksi perkusi dan Johan Bringhed pada piano membuat lagu ini malah lebih terdengar lebih “dalam”.

Lagu Forever And One, dimainkan dengan full piano orkestra membuat lagu ini semakin melankonis dan dalam. Luar biasa menyentuh.

Kemudian Dr. Stein justru dimainkan lebih ke arah jazzy dengan awalan saxofon yang menderu-deru. Trade mark Melodi yang biasanya diisi oleh guitar justru digantikan oleh saxofon yang mendominasi.

Pada lagu A Tale That Wasn't Right, olah vokal Andi Deris ditunjukkan. Suara yang melengking ditemani dengan musik orkestra membuat lagu ini betul-betul mengena maknanya.

Album ini juga disisipkan medley Keeper, yang diberi nama Keeper Trilogy. Lagu "Halloween", "Keeper of The Seven Keys" dan "The King For a 1000 Year" di medley dengan sentuhan orkestra. Kehadiran Prague Symphonic Orchestra membuat lagu ini menjadi sempurna. Ya, kombinasi ini membuat Keeper trilogy terkesan ngeri tapi luar biasa. Saluut.....!!

Untuk lagu-lagu lainnya juga aransemen ulang dengan konsep akustik orkestra. Anda jangan berharap ada melodi yang panjang, penuh distorsi, dan super speed. Mungkin baru pertama kali sebuah band berani membuat album dengan merubah lagu metal menjadi akustik. ya, Helloween. Luar biasa

Track list Album ini
  1. Dr. Stein
  2. Future World
  3. If I Could Fly
  4. Where the Rain Grows
  5. The Keeper’s Trilogy
  6. Eagle Fly Free
  7. Perfect Gentleman
  8. Forever And One (Neverland)
  9. I Want Out
  10. Fallen to Pieces
  11. A Tale that Wasn’t Right
  12. Why
If you want to listening this album, click here. If you like this album, please buy.
If the link is broken, pleas contact us. Thank you

Artikel Terkait

0 comments:

SAVE THE EARTH

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...