Kondisi Pesut Mahakam di Perairan Kalimantan Timur Kritis – MAUL-UNDERGROUND

Minggu, 08 April 2012

Kondisi Pesut Mahakam di Perairan Kalimantan Timur Kritis


Pesut mahakam termasuk satwa di ambang kepunahan. Saat ini, pesut mahakam berada di kategori kritis atau berstatus rawan punah menurut badan International Union for Conservation of Nature (IUCN).


Eksistensi pesut mahakam (Orcaella brevirostris), mamalia air tawar endemik Kalimantan Timur, mendapat ancaman tambahan dari pembukaan lahan perkebunan sawit. Polutan dari kebun-kebun sawit mengakibatkan air tercemar, dan ikan yang menjadi makanan pesut semakin berkurang.
Peneliti pesut mahakam dari Universitas Amsterdam, Belanda yang bekerja sama dengan Yayasan Konservasi untuk Spesies Air Tawar Langka Indonesia (RASI) Danielle Kreb menyatakan, jumlah populasi pesut mahakam di pesisir Kalimantan Timur pada tahun 2010 diperkirakan sekitar 90 ekor. Namun, kondisi populasinya ini kian memprihatinkan.
"Habitat hidup pesut terkonsentrasi pada aliran sungai yang dalam, padahal daerah tersebut merupakan daerah penangkapan ikan, sehingga lalu lintas angkutan sungai pun semakin ramai. Akibatnya, banyak pesut yang terjerat jaring nelayan atau tertabrak kapalspeedboat," kata Kreb pada lokakarya Pelestarian Pesut Borneo, di Jakarta (20/3).

Gangguan lain bagi pesut adalah aktivitas tambang batu bara. "Pengangkutan batu bara dengan kapal ponton menganggu indera pesut. Orang yang mencari dan menangkap ikan dengan mengandalkan sonar (echolocation) jika telinganya rusak, mereka tidak dapat menemukan makanan."Selain itu bahan-bahan kimia dari perusahaan penambangan emas, juga sangat meracuni ikan. Ditambah lagi sekarang, ujarnya, pupuk serta herbisida dari perkebunan sawit yang memanfaatkan area di tepi sungai ikut mengontaminasi aliran air dan menyebabkan ikan mati.
(Gloria Samantha - National Geographic)

Artikel Terkait

6 comments:

obat tradisional diabetes mengatakan...

sedih amat melihat indonesia seperti inii

MauL-Underground mengatakan...

sama gan...sedih

mano mengatakan...

prihatin banget gan

mano mengatakan...

prihatin banget gan

Obat Alami Untuk Liver mengatakan...

kunjungan sore perdana nih gan..
oiya kami tunggu artikel selanjutnya namun jangan lama lama yah..heheee
Semoga bermanfaat untuk para bloger..amin

alat alat laboratorium mengatakan...

Jangan sampai cerita pesut berakhir hanya dongeng belaka karena mengalami kepunahan.

SAVE THE EARTH

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...