Ikan Kryptolebias Marmoratus, Mampu Hidup 66 Hari Tanpa Air – MAUL-UNDERGROUND

Senin, 16 Januari 2012

Ikan Kryptolebias Marmoratus, Mampu Hidup 66 Hari Tanpa Air


Ikan mangrove killifish (Kryptolebias marmoratus) hidup di kawasan Barat Atlantik mulai dari kawasan Florida, Amerika Serikat sampai ke Belize. Yang menarik, ternyata ikan ini mempunyai kemampuan unik. Ia bisa hidup dalam jangka waktu yang panjang di luar air, misalnya di pepohonan atau di batang-batang pohon. Syaratnya, yang penting kondisinya lembab.

Ikan itu mampu melakukan hal tersebut karena ia memiliki insang yang telah berevolusi. Insang mangrove killfish mengeluarkan nitrogen yang tidak dibutuhkan melalui kulitnya saat dirinya berada di luar air. Dan dari penelitian, ia tercatat mampu hidup selama 66 hari melalui metode respirasi kulit tersebut.

Uniknya, satu ekor ikan mangrove killfish bisa merepopulasi kawasan tempat di mana ia berada meski awalnya ia sendirian di sana. “Ikan ini berjenis kelamin hermaphrodit. Ia punya organ kelamin jantan dan betina. Ini sangat tidak lazim di kalangan vertebrata,” kata Martin Attrill, Kepala Institut Kelautan Plymouth University, Inggris.

Menjadi hermaprodhit merupakan cara yang baik bagi ikan berbobot 100 miligram ini untuk menjaga populasi dan memungkinkan diri mereka untuk mereproduksi, meski tanpa pasangan dan membuat mereka bisa hidup sendiri di batang kayu. Ikan ini bahkan menjadi satu-satunya vertebrata yang memiliki kemampuan seksual tersebut. (Sumber: BBC, NewScientist)

Artikel Terkait

0 comments:

SAVE THE EARTH

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...