Kebun Raya Anggrek Seluruh Indonesia di UGM – MAUL-UNDERGROUND

Sabtu, 28 Januari 2012

Kebun Raya Anggrek Seluruh Indonesia di UGM




Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta merintis sebuah botanical garden (kebun raya mini) di Kebun Pendidikan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (KP4) UGM. Botanical garden ini diharapkan dapat menjadi pusat penelitian dan  wisata pendidikan  dari jenjang Taman Kanak-Kanak hingga Perguruan Tinggi.

Koordinator PIC Program Indonesia Managing Higher Education for Relevance and Efficiency (I-MHERE) Fakultas Biologi UGM Dr. Endang Semiarti, M.S., M.Sc. mengatakan berbagai jenis bunga anggrek alam dari seluruh Indonesia akan mengisi kebun raya mini tersebut.

Botanical garden ini akan  menjadi wisata pendidikan dan penelitian serta pemberdayaan masyarakat.  Anggrek selain dimanfaatkan untuk konservasi juga  bisa bersifat komersial," kata Endang di Yogyakarta, Rabu (25/1).

Endang menambahkan botanical garden ini akan menempati areal seluas 2,5 hektar. Dilengkapi dengan showroom serta laboratorium penelitia pada  anggrek alam maupun hibrida dari seluruh Indonesia. Di samping itu akan dilakukan pula berbagai pelatihan serta jual beli bibit anggrek.

“Tentu ini akan turut serta menambah income bagi UGM sebagai Regional Center of Excellence (RCE),” imbuh Endang.

Artikel Terkait

0 comments:

SAVE THE EARTH

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...