TEH HIJAU, Minuman serba guna – MAUL-UNDERGROUND

Selasa, 25 Oktober 2011

TEH HIJAU, Minuman serba guna




Pada awalnya pengguna teh hanya ada di dua negara yaitu India dan Cina. Teh juga memainkan peran dalam ritual sosial di Jepang. Sekarang teh sudah menyebar di berbagai penjuru dunia. Ada beberapa jenis teh di dunia ini, yang paling populer adalah teh hijau. Teh Jenis ini semakin menyedot perhatian karena manfaat bagi kesehatan dari kandungan yang dibawanya.


Teh adalah minuman serba guna dan dapat disajikan sesuai dengan keinginan anda. Ada banyak cara untuk memadukannya menjadi sebuah minuman, namun cara yang paling bersejarah adalah menyeduh daunnya secara langsung dan meminumnya. Selain kenikmatan, teh hujau juga menyediakan energi dan semangat. Cocok diminum pada saat bersantai di sore hari dimana kondisi tubuh telah lelah.

Dalam dosis rendah, teh bekerja meningkatkan energi dan mengurangi perasaan cemas. Pada saat jam istirahat kantor, cobalah merubah dari  kopi atau teh biasa menjadi teh hijau, pasti akan mengembalikan stamina. Apakah anda sudah tahu bahwa teh hijau bermanfaat untuk menurunkan berat badan? Luar biasa bukan?

Suplemen teh hijau sekarang sudah sangat lazim dalam industri penurunan berat badan dimana didalam produk-produk kesehatan dipromosikan sebagai anti oksidan. Dalam penurunan berat badan, teh hijau diyakini menjadi salah satu pembakar kalori paling besar dalam ilmu pengetahuan sampai saat ini.

Senyawa yang terdapat dalam teh antara lain:

1. Katekin.
    Berfungsi menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah dan kadar gula, anti kanker, serta membantu kerja ginjal mecegah terjadinya batu empedu.

2. Polifenol/Tanin. 
   Berfungsi Memperlancar Pencernaan,membunuh bakteri disentri, anti oksidan dan melarutkan lemak.

3. Kafein.
    Sebagai stimulan pusat syaraf, memperlancar sirkulasi darah, membantu fungsi ginjal,dan meningkatkan konsentrasi.

4. Minyak Esensi. 
    Berfungsi melarutkan lemak dan memperlancar pencernaan. Dari minyak esensi ini sumber aroma teh didapatkan.

5. Flavanols. 
   Berfungsi menguatkan pembuluh darah dan anti oksidan.

6. Flouride. 
    Mencegah kerusakan gigi.

7. Vitamin C. 
    Berfungsi mencegah dan melawan flu, mengurangi stress, mengurangi tekanan darah tinggi, anti oksidan, dan melindungi kornea mata.

8. Vitamin E. 
    Mencegah penuaan dini, mengurangi resikopenyakit jantung dan stroke serta mencegah pembentukan lemak di pembuluh darah.

9.Vitamin B Kompleks. 
   Berfungsi membantu metabolisme karbohidrat.

10. Monocitrate dan Chloropil. 
      Mencegah bau mulut dan mengharumkan mulut.

Orang yang minum teh hijau ditemukan mempunyai level LDL kolesterol rendah dan level HDL kolesterol yang tinggi. Sebuah studi pada hewan menunjukkan bahwa polifenol dapat menghambat penyerapan kolesterol dalam usus sehingga membantu dalam ekskresi kolesterol dari tubuh.  Teh hijau juga ditemukan bermanfaat bagi hati. Ini membantu dalam mengontrol efek merusak dari alkohol. Orang yang sering minum teh hijau ditemukan lebih rendah terkena penyakit hati.

Kesimpulan yang didapat dari pembahasan ini adalah alam sebenarnya mempunyai banyak obat untuk mencegah semua penyakit dan berbagai manfaat kesehatan seperti yang ada dalam teh hijau.

Terima kasih

Salam

*dari berbagai sumber

Artikel Terkait

0 comments:

SAVE THE EARTH

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...